SEDEKAH LAUT PANTAI SELAYAR JAMBU TAHUN 2024

  • Rofiq
  • Sep 06, 2024

Pemerintah Desa Jambu melalui kelompok nelayan KUB Selayar Mina telah melaksanakan kegiatan Pelestarian Adat dan Budaya Larungan dalam Sedekah Laut pada Senin, 2 September 2024 di Pantai Selayar Desa Jambu.

Sedekah Laut adalah tradisi yang sudah berlangsung turun temurun di Desa Jambu. Acara ini tidak hanya sebagai bentuk penghormatan kepada laut tetapi juga sebagai sarana untuk memohon keselamatan bagi para nelayan. Masyarakat Desa Jambu percaya bahwa melalui ritual ini, mereka dapat menjaga hubungan harmonis dengan laut dan mendapatkan hasil tangkapan yang melimpah serta terlindung dari marabahaya.

Acara Sedekah Laut Desa Jambu tahun ini diawali dengan persiapan selamatan dan larungan kepala kambing. Kepala kambing ini kemudian diletakkan dalam sesajen yang berbentuk perahu yang akan dilarung ke laut. Upacara ini dipimpin oleh sesepuh desa yang memanjatkan doa-doa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memohon berkah dan keselamatan.

Puncak acara adalah prosesi menghanyutkan sesajen ke tengah laut. Para nelayan bersama-sama naik ke perahu-perahu mereka, membawa sesajen untuk dilepas di tengah laut. Prosesi ini disertai dengan iringan musik tradisional berupa tarian tayub. Tayub merupakan prosesi wajib yang harus diadakan setiap kali ada sedekah laut.

Sedekah Laut di Desa Jambu bukan hanya sekadar ritual tahunan, melainkan juga upaya melestarikan tradisi leluhur yang sarat dengan nilai-nilai kearifan lokal. Acara ini menjadi momen penting untuk mengenalkan generasi muda pada budaya dan tradisi nenek moyang mereka, agar dapat terus dilestarikan dan tidak punah.