VERIFIKASI DESA STBM ( SANITASI TOTAL BERBASIS MASYARAKAT )

  • Rofiq
  • Nov 22, 2023

Selasa, 21/11/2023 Pemdes Jambu beserta FKD dan Kader Kesehatan melakukan Verifikasi Desa STBM di Desa Tubanan Kecamatan Kembang.

Dengan adanya Desa STBM di wilayah Kabupaten Jepara, DKK Kabupaten Jepara meberikan mandat untuk Puskesmas Mlonggo mengirimkan tim verifikasi yang dikirim ke Desa Tubanan. Pihak dari Puskesmas Mlonggo menunjuk Pemdes Jambu untuk melakukan verifikasi.

Tim verifikasi dari Desa Jambu terjun langsung ke warga di Desa Tubanan untuk melakukan survey. Ada lima (5) pilar yang perlu di penuhi agar lolos Desa STBM. Lima pilar tersebut adalah Stop buang air besar sembarangan, Cuci tangan pakai sabun, Pengolahan air minum dan makanan dengan benar, Pengolahan sampah rumah tangga dan terakhir pengolahan limbah cair rumah tangga. Sebanyak 7 RW di Desa Tubanan berhasil di survey oleh tim verifikasi dari Desa Jambu. Dari hasil verfikasi ditetapkan Desa Tubanan lolos desa STBM dengan nilai yang tinggi.

Penunjukan Desa Jambu sebagai tim verifikasi merupaka keuntungan bagi Desa Jambu itu sendiri. Hal ini karena Desa Jambu belum menjadi Desa STBM. Sehingga informasi yang di dapat dari Desa Tubanan bisa menjadi bahan evaluasi bagi Desa Jambu untuk menuju Desa STBM. Desa Jambu bisa mempersiapkan dengan baik lima pilar yang akan di verifikasi. Sosialisasi terhadap masyarakat sangat diperlukan untuk meningkatkan kepedulian masayarakat terkait kebersihan lingkunan. Kerja keras pemdes beserta seluruh elemen masyarakat sangat diperlukan untuk menuju Desa STBM.