PERTEMUAN AMP SOSIAL DALAM RANGKA IMPLEMENTASAI PROGRAM SING GEMATI DI KABUPATEN JEPARA TAHUN 2023

  • Rofiq
  • Oct 02, 2023

Perwakilan dari Pemdes Jambu telah mengikuti Pertemuan AMP (Audit Maternal Perinatal) Sosial yang berlangsung di Aula Puskesmas Mlonggo, Senin 2 oktober 2023.

Dalam kegiatan ini di hadiri oleh Kepala Puskesmas Mlonggo Serta Camat Mlonggo dan perwakilan dari 3 desa yakni Jambu, Suwawal dan Karanggondang. Setiap desa mengirimkan 13 perwakilan yang terdiri dari pemdes,kader,ketua FKD dan tokoh masyarakat.

AMP adalah suatu proses audit bersama untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan melalui pengkajian dan pembahasan kasus kematian ibu dan perinatal sebagai upaya untuk menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) di masa yang akan datang. Dalam sambutannya, Camat Mlonggo berpesan agar terjalin kolaborasi yang sinergi antara masyarakat, pemdes dan petugas kesehatan yang ada di desa. Cara ini dirasa sangat tepat untuk menurunkan angka kematian ibu dan anak. Pemenuhan gizi selama kehamilan serta pendampingan dan sosialisasi terhadap ibu hamil juga akan berdampak pada penurunan resiko kematian ibu dan bayi.

Diwilayah Desa Jambu sendiri masih ada kasus kematian dari ibu ataupun anak. menurut data yang diutarakan pada tahun 2021 terjadi 4 kasus, sedangkan tahun 2022 tidak terjadi kasus. Akan tetapi pada tahun 2023 sampai bulan September sudah terjadi 1 kasus.

Diharapkan dengan adanya pertemuan AMP Sosial ini upaya penurunan resiko kematian ibu dan anak bisa diatasai.