PENANAMAN MANGROVE DI PANTAI SELAYAR

  • Rofiq
  • Nov 16, 2023

Pemerintah Desa Jambu beserta BPAP Kab. Jepara bekerjasama untuk penanaman mangrove di Pantai Selayar Desa Jambu, Kamis 16 November 2023.


Dalam kegiatan ini juga di hadiri oleh Kapolsek Mlonggo, Danramil Mlonggo serta dari  Kec. Mlonggo. Kegiatan  ini adalah upaya untuk menanggulangi abrasi dan pelestarian lingkungan. Desa Jambu merupakan salah satu desa yang mempunyai hutan mangrove di wilayah Kab. Jepara. Sudah semestinya mangrove ini perlu dilestarikan dan di kembangkan, karena mangrove sudah menjadi isu dunia. Manfaat mangrove sangatlah banyak, selain mencegah abrasi juga menjadi tempat berkembangbiak berbagai biota laut. Sehingga kelestariannya sangat perlu di jaga bersama-sama. 


Selain itu, penanaman mangrove kedepannya bisa di jadikan komoditi pariwisata dan bisnis di bidang perikanan. Dengan kelestarian mangrove yang terjaga sangat memungkinkan untuk budidaya kepiting soka yang mempunyai nilai ekonomis tinggi. Akan tetapi dengan masa pertumbuhan mangrove yang sangat lambat menjadi salahsatu faktor penghambat yang sangat diperlukan peran serta dari Pemdes Jambu dan warga jambu sendiri untuk selalu peduli terhadap lingkungan serta harus bekerja keras untuk menjaga tanaman mangrove tersebut. Karena lokasi yang ada di bibir pantai tentunya perawatan lebih berat karena harus melawan gelombang pasang air laut. 


Semoga kedepannya hutan mangrove di Desa Jambu mampu lestari dan terjaga ekosistemnya. Dengan kelestarian dan pemanfaat secara maksimal maka akan mendatangkan nilai ekonomis, yang tentunya menjadi salah satu PADes untuk Desa Jambu. Dengan PADes yang tinggi memungkinkan Desa Jambu mampu mandiri dalam melangsungkan kegiatan pemerintahannya.