KEGIATAN FOGGING UNTUK PENCEGAHAN DEMAM BERDARAH DI DESA JAMBU

  • Rofiq
  • Feb 28, 2023

Pemdes Jambu melaksanakan kegiatan fogging di beberapa wilayah Desa Jambu. Fogging adalah tindakan pengasapan dengan bahan insektisida yang bertujuan untuk membunuh nyamuk khususnya pembawa (vector) penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Kegiatan fogging kali dilaksanakan Selasa, 28 Februari 2023 yang meliputi wilayah RT 01 RW 01 dan      RT 27 RW 06, dikarenakan di wilayah tersebut sudah ditemukan kasus Demam Berdarah. Dinas Kesehatan Kabupaten Jepara di damping Pemdes Jambu, Puskesmas Mlonggo serta Kader Kesehatan Desa Jambu melakukan fogging di wilayah tersebut.

Fogging kali ini merupakan respon dari Pemdes Jambu atas laporan dari warga terkait Demam Berdarah yang sudah muncul di beberapa wilayah. Dengan fogging diharapkan mampu mencegah dan mengendalikan kasus Demam Berdarah agar tidak menyebar. Fogging merupakan salah satu cara untuk mencegah Demam Berdarah, selebihnya untuk pencegahan diharapkan peran serta dari warga untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesadaran terkait kebersihan lingkungan rumah masing-masing. Gerakan 3 M ( Menguras tempat penampungan air, Menutup tempat penampungan air, Mengubur barang bekas ) harus di galakan untuk menekan kasus Demam Berdarah.

Dengan respon yang cepat dari Pemdes Jambu di harapkan bisa menekan kasus Demam Berdarah agar tidak ada korban jiwa akibat dari Demam Berdarah di wilayah Desa Jambu.