PELATIHAN DIGITAL DESAIN GRAFIS DAN GAMBAR ILUSTRASI MELALUI APLIKASI CANVA

  • Rofiq
  • Dec 20, 2023

Kelompok Informasi Masyarakat ( KIM ) Pijar Desa Jambu telah melaksanakan kegiatan pelatihan digital desain grafis dan gambar ilustrasi melalui aplikasi Canva di Aula Pemdes Jambu, pada Rabu 20 Desember 2023. Kegiatan ini di peruntukkan bagi warga Desa Jambu yang ingin meningkatkan kapasitasnya di bidang Information Technology ( IT ).

Dalam kegiatan ini di hadiri oleh anggota KIM Pijar Desa Jambu, Petinggi beserta jajarannya, BPD Jambu serta Remaja Desa Jambu. Sebagai narasumber adalah Bapak Fahrul Hidayat, A. Md. Dalam sambutannya Petinggi Jambu berpesan agar pelatihan ini bisa di maksimalkan oleh pemuda Jambu untuk mampu bersaing di dunia kerja melalui peningkatan kapasitas di bidang IT.

Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) merupakan kelompok atau lembaga yang bertugas menyediakan informasi kepada masyarakat. Kelompok ini berfungsi sebagai perantara atau pemberi informasi untuk membantu masyarakat dalam memahami isu-isu tertentu, baik itu terkait dengan pemerintahan, lingkungan, kesehatan, pendidikan, atau bidang lainnya serta peningkatan kapasitas remaja.

Tujuan dari Kelompok Informasi Masyarakat ( KIM ) Pijar adalah untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap informasi yang relevan dan penting di lingkup desa dan luar desa. KIM juga dapat membantu masyarakat memahami kebijakan pemerintah, program-program pembangunan, hak-hak mereka, dan berbagai informasi lainnya serta mampu untuk meningkatkan kapasitas bagi remaja desa.

Fungsi Kelompok Informasi Masyarakat melibatkan penyediaan informasi, edukasi, dan pemberdayaan masyarakat dan peningkatan kapasitas dalam hal pengetahuan. Hal ini dapat dilakukan melalui berbagai media, termasuk pelatihan, penyelenggaraan pertemuan informasi, workshop, dan pemanfaatan teknologi informasi seperti situs web dan aplikasi.

Dengan pelatihan ini menunjukan upaya dari Pemdes Jambu untuk meningkatkan kapasitas warganya terkait IT melalui KIM Pijar. Tentunya kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat terutama untuk remaja Desa Jambu agar melek dan mengerti IT. Pengetahuan mengenai IT sangat diperlukan ketika nanti para Remaja Desa Jambu terjun kedunia kerja. Pengetahuan terkait IT kan sangat membantu dalam bekerja, apalagi saat ini IT merupakan hal lumrah yang harus dikuasai atau dimengerti dalam dunia kerja.