PENGUKUHAN DAN PEMBINAAN LPMD DAN BUMDESA SERTA PANITIA SEDEKAH BUMI 2023

  • Rofiq
  • Apr 13, 2023

Pemerintah Desa Jambu telah malaksanakan pengukuhan dan pembinaan LPMD ( Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa ) dan Badan Usaha Milik Desa ( BUMDesa ) Giri Samudra oleh Petinggi Desa Jambu.

Kegiatan ini dilaksanakan 13 April 2023 di Aula Pemdes Jambu yang di hadiri Pemdes Jambu, BPD Jambu, Ketua RT dan Ketua RW, tokoh masyarakat dan juga tokoh agama.

LPMD dibentuk dengan maksud untuk membantu Pemerintah Desa dalam memberdayakan masyarakat desa pada berbagai aspek pembangunan. Sedangkan tujuan dibentuknya LPMD itu sendiri adalah untuk mewujudkan lembaga teknis yang merupakan mitra Pemerintah Desa dalam hal menyelenggarakan perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian kegiatan pemberdayaan masyarakat di bidang pembangunan.

Sedangkan BUMDesa di bentuk oleh Pemerintah Desa dengan tujuan untuk mensejahterakan masyarakat, meningkatkan taraf hidup serta meningkatkan perekonomian desa. Dengan BUMDesa yang maju maka akan menunjang PADes yang besar untuk desa, karena BUMDesa merupakan salah satu lembaga yang bisa memberikan PADes untuk desa.

Sangat besar harapan Pemdes Jambu agar kedua lembaga ini mampu berkolaborasi untuk memaksimalkan program desa agar mampu menjadi desa yang maju dan mandiri. Dengan kerjasama yang baik antara Pemdes dan Lembaga Desa pastinya akan sangat bermanfaat untuk perkembangan danpembangunan desa.

Selain itu juga telah di bentuk Panitia Inti Sedekah Bumi Desa Jambu. Pembentukan panitia ini sebagai persiapan Sedekah Bumi Desa Jambu tahun 2023 agar bisa berjalan dengan maksiamal sesuai rencana dari Pemdes Jambu. Dengan persiapan yang cukup panjang sangat di harapkan acara Sedekah Bumi Desa Jambu bisa berjalan dengan meriah setelah beberapa tahun di laksanakan dengan sederhana karena pandemi Covid 19.