PELATIHAN KESIAPSIAGAAN/TANGGAP BENCANA SKALA LOKAL DESA JAMBU ( SATLINMAS JAMBU )

  • Rofiq
  • May 11, 2023

SATLINMAS Desa Jambu telah melaksanakan Pelatihan Kesiapsiagaan/Tanggap Bencana Skala Lokal Desa Jambu dengan narasumber dari BPBD Kabupaten Jepara

Kegiatan pelatihan SATLINMAS Desa Jambu dilaksanakan Kamis, 11 Mei 2023 bertempat di Aula Pemdes Jambu di hadiri oleh Petinggi Desa Jambu, Ketua BPD, BPBD Kabupaten Jepara dan anggota SATLINMAS Desa Jambu.

Dalam pelatihan ini narasumbernya adalah Bapak Ahmad Nurdin dari BPBD Kabupaten Jepara. Dalam pidatonya narasumber menjelaskan bahwa konsep bencana itu sendiri dibagi menjadi 3 konsep.

Konsep yang pertama adalah ancaman.

Yang dimaksud dengan ancaman disini adalah bencana alam apa yang paling beresiko terjadi di wilayah Desa Jambu. Dengan wilayah Desa Jambu yang berbatasan langsung dengan laut, maka sangat beresiko gelombang pasang dan rob. Dengan potensi bencana seperti itu maka pihak Pemdes Jambu dan masyarakat bisa melakukan langkah-langkah antisipasi.

Konsep yang kedua adalah kerentanan.

Yang menjadi titik focus pada konsep kerentanan adalah anak-anak, ibu hamil, lansia dan difabel. Dalam keadaan darurat bencana, golongan tersebut menjadi titik utama untuk upaya penyelamatan.

Konsep yang ketiga adalah kapasitas.

Kapasitas dari anggota SATLINMAS Desa Jambu sangat diperlukan dalam menangani bencana. Pengalaman dan pengetahuan terhadap bencana menjadi modal yang sangat penting. Ini menjadi tugas anggota SATLINMAS Desa Jambu untuk mampu meingkatkan kapasitas diri. Sehingga ketika terjadi bencana sudah siap dalam segala aspek penanggulangan bencana.

Untuk itu diperlukan peran aktif dari Pemdes Jambu untuk selalu mensupport kegiatan SATLINMAS, salah satu caranya dengan rutin diadakan peningkatan kapasitas SATLINMAS itu sendiri. Selain itu konsep bencana yang harus dimengerti dari seluruh eleman masyarakat baik Pemdes Jambu dan warga adalah jangan ketika ada bencana baru bertindak, akan tetapi dengan cara memetakan potensi bencana yang ada di Desa Jambu dan melakukan upaya pencegahan. Dan ini merupakan tanggung jawab kita bersama.