PERPUSDES PERPUSERU CENDEKIAN JAMBU

Apa Itu Perpusdes PerpuSeru?

Program PerpuSeru adalah program pengembangan perpustakaan yang didukung oleh Coca-Cola Foundation Indonesia dan Bill & Melinda Gates Foundation, sejak November 2011, yang bertujuan untuk menjadikan perpustakaan sebagai pusat belajar dan berkegiatan masyarakat berbasis teknologi informasi dan komunikasi, dengan tujuan dapat memberikan dampak pada peningkatan kualitas hidup masyarakat. Pada fase program yang pertama, PerpuSeru bermitra dengan 34 perpustakaan di 16 provinsi di seluruh Indonesia, yang terdiri dari 28 perpustakaan kabupaten/kota, 1 perpustakaan provinsi, 3 perpustakaan desa/kelurahan, dan juga 2 Taman Bacaan Masyarakat (TBM).
Pada fase program yang kedua program PerpuSeru memperluas area binaan ke 76 perpustakaan desa dan TBM di 19 perpustakaan kabupaten/kota yang telah menjadi mitra program PerpuSeru, dengan memberikan pendampingan kepada perpustakaan kabupaten/kota untuk melakukan pelatihan dan mentoring ke perpustakaan di tingkat desa terkait advokasi, bagaimana meningkatkan akses dan penggunaan layanan komputer dan internet oleh masyarakat, dan bagaimana memfasilitasi kebutuhan masyarakat melalui kegiatan yang melibatkan masyarakat.
Mulai 1 Oktober 2015, PerpuSeru telah memasuki fase perluasan yang akan memperluas area kerja ke 80 perpustakaan daerah kabupaten/kota yang baru di Indonesia. Saat ini program Perpuseru sudah memiliki 335 mitra Perpustakaan dan terus melakukan proses seleksi ke perpustakaan-perpustakaan daerah yang mau berkomitmen untuk merubah perpustakaan daerah nya menjadi pusat belajar masyarakat yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi yang dapat membantu masyarakatnya mendapatkan hidup yang lebih baik.
Tujuan
Untuk mengurangi kemiskinan informasi dan meningkatkan pendidikan, kesehatan, dan pengembangan ekonomi masyarakat di Indonesia dengan mentransformasi perpustakaan daerah dan desa menuju pusat informasi pembelajaran yang menjawab kebutuhan masyarakat melalui peningkatan akses terhadap teknologi dan layanan yang relevan.
Visi
Memberdayakan masyarakat Indonesia untuk menghasilkan perubahan sosial yang positif dengan mentransformasi perpustakaan umum menjadi terbuka, dapat diakses masyarakat untuk mendapatkan kesempatan, kreativitas, pengetahuan dan pembelajaran.
Tujuan Program PerpuSeru :
1. Meningkatkan kualitas layanan perpustakaan berbasis teknologi informasi & komunikasi (TIK) melalui peningkatan kemampuan pustakawan dan staf perpustakaan untuk memenuhi kebutuhan pengguna layanan perpustakaan di wilayah mereka
2. Meningkatkan dukungan para pemangku kepentingan dalam pengembangan perpustakaan berbasis teknologi informasi & komunikasi untuk memastikan pengguna perpustakaan bisa mengakses layanan TIK dan layanan perpustakaan lainnya secara berkelanjutan
3. Meningkatkan penggunaan perpustakaan sebagai pusat kegiatan bagi masyarakat, khususnya untuk memenuhi kebutuhan kelompok pemuda, perempuan dan pengusaha mikro.
Untuk mencapai tujuan program, strategi pokok yang dilakukan di program PerpuSeru meliputi :
1. Penyediaan fasilitas TIK meliputi komputer dan jaringan internet di perpustakaan
2. Peningkatan kapasitas staf perpustakaan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas   penyediaan layanan perpustakaan berbasis TIK untuk memfasilitasi kebutuhan             masyarakat
3. Advokasi dan membangun kemitraan untuk mendapatkan dukungan kebijakan dan        penganggaran untuk keberlanjutan pengembangan perpustakaan
4. Monitoring & evaluasi untuk mendokumentasikan capaian dan pembelajaran               program, dan memastikan pelaksanaan program masih sesuai dengan tujuan program.
Program PerpuSeru memprioritaskan pemuda, perempuan, dan pengusaha mikro sebagai sasaran program, dengan fokus pada isu pendidikan, kesehatan, dan pengembangan ekonomi.
⇚Melalui program PerpuSeru, saat ini perpustakaan telah bertransformasi tidak hanya sebagai tempat membaca dan meminjam buku
namun telah berkembang menjadi pusat belajar dan berkegiatan bagi masyarakat yang mengikuti kemajuan teknologi informasi dan komunikasi
Perpustakaan telah memfasilitasi kegiatan-kegiatan yang menjadi kebutuhan masyarakat seperti: pengembangan ekonomi, pertanian, pendidikan, dan juga kesehatan sehingga masyarakat dapat merasakan manfaatnya, seperti:
– Peningkatan pengembangan usaha dan pendapatan
                                        Peningkatan prestasi Pendidikan
                                                     – Mendapatkan pekerjaan
– Berkembangnya usaha pertanian
Meningkatkan Pengetahuan Kesehatan
Hal ini menunjukkan bahwa perpustakaan mempunyai peran penting dalam pencapaian tujuan pembangunan daerah.

“PerpuSeru untuk Hidup Lebih Baik”

Kepenggurusan Perpusdes Cendekia Desa Jambu  sesuai SK No. 141.2 / 15 /2017 tgl 12 April 2017
Pelindung    : Petinggi
Ketua          : Usman Ferndi
Sekretaris   : Sri Wahyuni
Bendahara  : Suci Indawati
Anggota     : Uswatun Khasanah
Facebook Comments