VISI MISI dan TUPOKSI Pemerintah Desa Jambu Tahun 2010-2016

Sebelum kami jelaskan tentang fungsi dan tugas pemerintah, ada baiknya jika Anda juga tahu apa Visi dan Misi Pemerintah Desa Jambu. Berikut adalah Visi Misi yang bisa kita sukseskan bersama:

 

Visi Misi Pemerintah Desa Jambu

VISI

“Desa yang terus membangun menuju perubahan ekonomi, kesehatan dan infrastruktur yang lebih baik”

MISI

PEDULI:

  • Peka terhadap permasalahan warga masyarakat
  • Prima dalam pelayanan masyarakat

SINERGI

  • Bersama semua komponen masyrakat, menuju desa yang terus membangun.
  • Peningkatan kemampuan SDM yang kreatif dan inovatif

RELIGI

  • Jujur dan akuntabilitas dalam setiap tindakan
  • Terciptanya kondisi masyarakat yang religius

 

Fungsi dan Tugas Pemerintah Desa Jambu

KEPALA DESA JAMBU

Tugas Pokok

Menyelenggarakan urusan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan berdasarkan kewenangan jabatan  dan kebijakan yang ditetapkan bersama antara Pemerintah Desa dan Badan Permusyawaratan Desa

Fungsi

  • Memegang teguh dan mengamalkan Pancasila, melaksanakan Undang- Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta mempertahan kan dan memelihara keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia;
  • Memimpin penyelenggaraan Pemerintahan Desa berdasarkan kebijakan yang ditetapkan bersama BPD;
  • Mengajukan rancangan Peraturan Desa  ( Perdes ) Menetapkan Peraturan Desa yang telah mendapat persetujuan bersama BPD;
  • Menyusun dan mengajukan rancangan Peraturan Desa mengenai APBDes  untuk dibahas dan ditetapkan bersama BPD;
  • Membina kehidupan masyarakat Desa;
  • Meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dengan mengembangkan pendapatan masyarakat dan membina perekonomian Desa; serta mengkoordinasikan pembangunan Desa secara partisipatif;
  • Mewakili Desanya didalam dan diluar pengadilan dan dapat menunjuk kuasa hukum untuk mewakilinya sesuai dengan peraturan perundang– undangan;
  • Melaksanakan wewenang lain sesuai dengan Peraturan Perundang– undangan.
  • Memelihara ketentraman dan ketertiban masyarakat;
  • Melakukan pembinaan terhadap bawahan guna kelancaran tugas
  • Mengoptimalkan realisasi PBB
  • Melaksanakan kehidupan demokrasi;
  • Melaksanakan prinsip tata pemerintahan Desa yang bersih dan bebas dari kolusi, korupsi dan Nepotisme;
  • Menjalin hubungan kerja dengan seluruh mitra kerja pemerintahan Desa;
  • Menaati dan menegakkan seluruh peraturan perundang – undangan;
  • Melaksanakan dan mempertanggung jawabkan pengelolaan keuangan Desa
  • Mendamaikan perselisihan Masyarakat di Desa;
  • Membina , mengayomi dan melestarikan nilai – nilai sosial budaya dan adat istiadat;
  • Memberdayakan masyarakat dan kelembagaan yang ada di Desa;
  • Mengembangkan potensi sumber daya alam dan melestarikan lingkungan hidup.
  • Membuat laporan penyelenggaran Pemerintah Desa Kepada Bupati
  • Memberi laporan keterangan pertanggung jawaban kepada BPD
  • Menginformasikan laporan penyelenggaran pemdes kepada Masyarakat

 

SEKRETARIS DESA / CARIK

Tugas pokok

Membantu Kepala Desa dalam  melaksanakan tugas penyelenggaraan Pemerintahan administrasi organisasi dan tata laksana serta memberikan  pelayanan administratif kepada seluruh perangkat Desa  dan Masyarakat Desa

Fungsi

  • Merampungkan, mengolah, merumuskan dan mengevaluasi data untuk kelancaran kegiatan penyelenggaraan Pemerintahan, Pembangunan, dan Kemasyarakatan;
  • Pelaksanaan  urusan Surat menyurat, kearsipan dan pelaporan
  • Pelaksanaan  tertib kesekretariatan dan tertib administrasi  Umum
  • Pelaksanaan administrasi  Pemerintahan, Pembangunan, dan Kemasyarakatan;
  • Menyusun dan Mengkoordinasikan program kerja  pelaksanaan tugas sekretariat;
  • Menyusun dan Mengkoordinir kegiatan yang dilakukan oleh Perangkat Desa;
  • Menyusun rencana kebutuhan , perlengkapan dan peralatan serta pelaksanaan  keamanan dan kebersihan kantor;
  • Menyusun dan memperoses Rancangan Produk Hukum Desa , ( Peraturan Desa, Peraturan Kepala Desa , Dan keputusan Kepala Desa )
  • Menyelenggarakan Tata usaha Kepegawaian ( Aparatus Desa ) yang meliputi Kesejahteraan kerja , Pengangkatan dan perberhentian Perangkat Desa
  • Menyelenggarakan Penyusunan  rancangan APBdes   Pengelolaan keauangan serta pertanggung jawaban Pelaksanaananya
  • Melakukan pelayanan tekhnis administrasi kepada masyarakat;
  • Mengkordinir dan membuat laporan tentag peranarikan PBB dan menyetorkannya ke Bank
  • Menyusun program tahunan Desa; ( RPJMDes – RKP Des )
  • Memberikan saran dan masukan kepada Pimpinan
  • Menyusun dan membuat laporan tahunan Kepala desa
  • Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Desa. dalam hal kepala desa berhalangan

 

KAUR TATA USAHA

Tugas Pokok

Membantu Sekretaris Desa dalam melaksanakan administrasi umum, tata usaha dan kearsipan, pengelolaan inventaris kekayaan desa, serta mempersiapkan bahan rapat dan laporan

Fungsi

  • Merampungkan, mengolah, merumuskan dan mengevaluasi data yang terkait dengan penyelenggaraan administrasi umum dan keuangan Desa;
  • Pelaksanaan, pengendalian dan pengelolaan surat masuk dan surat keluar serta pengendalian tata kearsipan
  • Melaksanakan pengelolaan  tertib administrasi umum
  • Melaksanakan urusan perlengkapan dan pencatatan inventarisasi kekayaan Desa;
  • Melaksanakan urusan rumah tangga Desa;
  • Melaksanakan penataan rapat dan upacara.
  • Melaksanakan penataan arsip.
  • Pelaksanaan penyediaan, penyimpanan dan pendistribusian alat tulis kantor serta pemeliharaan dan perbaikan peralatan kantor
  • Mengumpulkan dan menyusun bahan laporan Pemerintah Desa;
  • Persiapan bahan-bahan laporan  dan melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala

 

KAUR KEUANGAN

Tugas Pokok

Membantu Sekretaris Desa dalam melaksanakan pengelolaan sumber pendapatan Desa, pengelolaan administrasi keuangan Desa dan mempersiapkan bahan penyusunan san pelaporan APB Desa

Fungsi

  • Mengumpulkan dan memformulasikan data untuk bahan penyusunan program dan perencanaan pengelolaan keuangan dan kekayaan Desa
  • Melaksanakan pengelolaan dan pembukuan administrasi keuangan Desa
  • Persiapan bahan penyusunan APB Desa
  • Membuat permohonan pencairan ADD, DD,  Bantuan tambahan penghasilan Aparat Desa, Bantuan Gubernur, dll
  • Bersama Bendahara membuat pelaporan dan Surat Pertanggungjawanan (SPJ)
  • Bersama TPKAD, membuat laporan pembukuan Kas tiap bulan kepada Kepala desa
  • Melaksanakan penarikan PBB di wilayah yang di tunjuk
  • Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris Desa.
  • Melaksanakan tugas lain yang  diberikan oleh Kepala Desa sesuai dengan tupoksi

 

KASI PEMERINTAHAN (KEBAYAN)

Tugas pokok

Membantu Kepala Desa dalam tugas pelayanan, pemberdayaan dan penyelenggaraan Pemerintahan Umum dan Pemerintahan Desa, serta melaksanakan pengelolaan administrasi kependudukan, administrasi pertanahan, pembinaan, ketentraman dan ketertiban masyarakat Desa, mempersiapkan bahan perumusan kebijakan penataan, Kebijakan dalam Penyusunan produk hukum Desa

Fungsi

  • Menyusun Progran dan menyiapkan bahan koordinasi pembinaan pemerintahan Desa yang sehat dan dinamis
  • Menyusun Progran dan menyiapkan bahan koordinasi pembinaan  Administrasi Kependudukan dan catatan Sipil, Sosial Politik Ideologi, dan Kesatua
  • Merampungkan, mengolah, merumuskan dan mengevaluasi data yang terkait dengan penyelenggaraan pemerintahan umum dan pemerintahan Desa;
  • Menyelenggaraan kegiatan yang terkait dengan bidang pertahanan dan kependudukan:
  • Merumuskan upaya terciptanya ketenteraman, ketertiban dan pembangunan
  • Melakukan kegiatan yang terkait dengan pernyataan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku, Keputusan Desa dan Keputusan Kepala Desa;
  • Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Desa.
  • Melaksanakan pelayanan masyarakat yang berkaitan dengan Dokumen Kependudukan seperti pemohonan KTP,KK,Akte Kelahiran dll
  • Membantu menyusun data Profil desa, monografi Desa
  • Melaksanakan pencatatan pembukuan data kependudukan dan membuat pelaporannya
  • Melaksanakan penarikan PBB di wilayah yang di tunjuk
  • Melaksanakan dan memantau kegiatan poskamling/Ronda malam
  • Melaksanakan kegiatan keamanan di wilayah desa
  • Melakukan kordinasi dengan unsur yang terkait seperti Danton Hansip, Kadus, Polsek
  • Ikut membantu penyelesaian permasalahan gangguan keamanan dan ketertiban di desa

 

KASI PEREKONOMIAN DAN PEMBANGUNAN (LADU)

Tugas pokok

Membantu Kepala Desa dalam melaksanakan penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis pengembangan ekonomi masyarakat dan potensi desa, pengelolaan administrasi pembangunan, pengelolaan pelayanan masyarakat serta Penyiapan bahan usulan kegiatan dan pelaksanaan tugas pembantuan

Fungsi

  • Merampungkan, mengolah, merumuskan dan mengevaluasi data yang terkait dengan penyelenggaraan pembangunan Desa.
  • Pengumpul bahan dan membantu melakukan koordinasi pelaksanaan pembangunan serta menjaga dan memelihara prasarana dan sarana fisik dilingkungan desa;
  • Mendorong dan menggairahkan partisipasi, swadaya dan gotong royong masyarakat Desa.
  • Menyelenggarakan mekanisme perencanaan musyawarah pembangunan Desa.
  • Mendorong kegiatan perkoperasian, perdagangan, dunia usaha dan keterampilan rakyat.
  • Melakukan kegiatan yang terkait dengan pemberdayaan kelompok tani dan ternak. PKK dan organisasi profesi
  • Membuat perencanaan kegiatan di bidang pertanian,perkebunan, peternakan dan perikanan
  • Melaksanakan pembinaan terhadap para petani, untuk keseragaman pola tanam, dan pengendalian hama terpadu
  • Melakukan kordinasi dengan dinas terkait di bidang pertanian, perkebunan, peternakan dan pengaira
  • Mengkoordinir kegiatan kebersihan saluran irigasi
  • Melaksnakan penarikan PBB di wilayah yang di tunjuk
  • Mencatat dan membukukan kegiatan-kegiatan di bidang pertanian dan pengairan
  • Pelaksana dalam melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Desa.

 

KASI KESEJAHTERAAN RAKYAT (KESRA)/MODIN

Tugas :

Membantu Kepala Desa dalam melaksanakan penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis Penyusunan Program Keagamaan serta melaksanakan Program pemberdayaan masyarakat, Pendidikan dan sosial kemasyarakatan

Fungsi

  • Merencanakan dan melaksanakan serta mengevaluasi kegiatan di bidang keagamaan, social budaya dan kesejahteraan masyarakat.
  • Melakukan pembinaan di bidang keagamaan, kesehatan, keluarga berencana, posyandu, dan pendidikan masyarakat (Madrsasah, TPQ, Madin, Pesantren Dll).
  • Menyelenggarakan inventarisasi penduduk yang tuna karya, tuna wisma, tuna susila, para penyandang cacat fisik, yatim piatu, jompo, panti asuhan dan pencatatan dalam rangka memasyarakatkan kembali bekasnarapidana.
  • Memberikan pelayanan kepada masyarakat di bidang kesejahteraan masyarakat ( Raskin, BLSM,BPJS, dsb ).
  • Membantu penyaluran bantuan terhadap korban bencana.
  • Membantu dan membina kegiatan pengumpulan zakat, infak, dan sodakoh, dan dana sosisal lainnya.
  • Menyelenggarakan kegiatan yang terkait dengan urusan organisasi sosial kemasyarakat dan adat istiadat
  • Membantu administrasi di bidang nikah, talak, cerai, rujuk, dan kelahiran serta pengurusan jenazah / kematian.
  • Mecatat dan membukukan dalam buku administrasi desa hal-hal yang berkaitan dengan bidang keagamaan, social budaya, pendidikan dan kesejahteraan masyarakat
  • Mengkoordinir kegiatan di bidang keagamaan
  • Melaksanakan penarikan PBB di wilayah yang di tunjuk
  • Pelaksana dalam melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan

 

KEPALA DUSUN /KAMITUWO

Tugas pokok

Membantu melakasanakan semua tugas, kewajiban Petinggi dan visi misi  desa  di  wilayah masing-masing

Fungsi

  • Membuat perencanaan program kerja di wilayahnya
  • Melaksanakan pembinaan kerukunan warga
  • Menggerakkan swadaya gotong royong dan melakukan pembinaan perekonomian masyarakat di wilayahnya
  • Mendamaikan perselisihan antar warga di wilayahnya
  • Mengkordinir pelaksanaan kegiatan kerja bhakti jalan dan lingkungan
  • Melestarikan dan mengembangkan adat istiadat yang berlaku di wilayahnya
  • Melakukan kegiatan dalam rangka pembinaan dan pemeliharaan ketrentaman dan ketertiban masyarakat
  • Melaksanakan penarikan PBB di wilayah yang di tunjuk
  • Melakukan kegiatan penerangan /kehumasan tentang program pemerintah kepada masyarakat
  • Membantu kepala desa dalam pembinaan , pemberdayaan dan mengkoordinasikan kegiatan RW (Rukun Wilayah) dan RT (Rukun Tetangga) diwilayah kerjanya
  • Membuat laporan kejadian/peristiwa musibah dan bencana alam yang terjadi
  • Pelaksana dalam melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Desa.

 

Demikianlah informasi tentang tugas dan fungsi Pemerintah Desa Jambu. Semoga bisa membantu Anda. Terimakasih.